Versi Rapi
Curhat
Ngomongin orang itu jahat. Tapi enak. Apalagi lewat chat sambil rebahan 😅  Gue sering dapet chat macem gini: laki gue orangnya gini gitu sifatnya ini itu. Pengen ninggalin tapi ga tega soalnya dia tulus. Tapi takut udah wataknya nggak bisa berubah. Menurut lu sebagai cowo gimana. Dalam hati gue pengen bilang, udah tinggalin aja, you dont deserve him. Engga kok, ga kebalik. Ada keluhan buat laki lu kenapa ngadunya ke gue. Gue tau banget rasanya kalo kita tulus ke orang tapi malah dijelek-jelekin di belakang. Sampe dikatain penakut pengecut dll sama orang yang dicurhatin. Padahal kenal aja enggak, apalagi ngerti. Itu sakitnya kebawa sampe mati. Lu ga akan ngerti kalo belum pernah ngerasain. Emosi gue, huh. Nah kan jadi gue yang curhat 😪

By the way, terlalu banyak stereotype di dunia ini. Terlalu banyak stigma, terlalu banyak judgement, terlalu banyak glorifikasi. Malesin gak sih. Udah watak, umur segitu gak bisa berubah (gue juga pernah dikatain gini sama orang). Menurut gue ini ignorant banget. Tolong ya, lebih spesifik dikit. Watak disini maksudnya yang mana? Karakter, sifat, kepribadian, atau perilaku? Bedanya apa emang? Beda pokoknya. Gue males jelasin, bisa jadi satu postingan sendiri. Yang pasti, yang nggak bisa berubah itu cuman kecenderungan extraversion (ekstrovert-introvert), itupun takarannya masih bisa berubah ke tengah-tengah ke ambivert. Perilaku kita lebih dipengaruhi sama situasi dan kondisi mental kita pada waktu itu. Sama hal-hal yang numpuk di bawah sadar kita. Panjang kalo dijelasin. Orang yang keras itu sebenernya orang rapuh yang tersakiti. Halah. Orang yang bohong sampe hal-hal kecil itu sebenernya people-pleaser yang di masa lalunya dimarahin secara abusive kalo salah. Orang susah nurut itu karena waktu kecil terlalu dikekang. Orang yang suka selfie berlebihan itu karena di bawah sadarnya dia rendah diri. Jangan dibully ntar makin rendah diri. Manusia itu dinamis, semua sifat itu spektrum, ga saklek di dalam kotak-kotak tertentu. Bisa aja sekarang kita test MBTI hasilnya INTJ, trus 3 tahun kemudian test lagi hasilnya INFP, 5 tahun kemudian ISTP. Jangan kebalik gegara test beginian lu jadi mendiagnosis diri sendiri ato orang lain, akhirnya perkembangan mental lu malah stagnan. Self-diagnosis itu bisa bahaya. Jadi jangan sampe kita ngecap orang wataknya tempramen, sombong, pembohong, keras kepala, narsis, kasar, dll karena kalo udah pake label itu udah ngejudge banget. Klasifikasi plegmatis sanguinis koleris melankolis aja sekarang udah ngga kepake lagi kok, apalagi ngecap orang dengan label-label ky gitu. Kita punya self-defense alami masing-masing, tinggal gimana mengelola bawah sadarnya aja. Kenalin trauma-trauma masa lalunya, sembuhin. Jangan buru-buru bilang orangnya gini gitu.

Iya tau, ngomong gampang prakteknya susah. Emang susah sih jadi care-giver kalo kitanya sendiri juga lagi nggak stabil. Pinter-pinter kenali kondisi diri sama kondisi orang lain aja, rasain sendiri punya trauma apa, stress apa, dan yang paling penting self-fullfilling. Emang sih prakteknya kita nggak mungkin bisa seratus persen self-fullfilling, tapi ga perlu nyari apa yang kamu butuhin ke pasangan kamu, nuntut berubah, apalagi nyari kebutuhan kamu ke orang ketiga. Karena dituntut berubah itu rasanya sama kayak dicap "lu manusia gagal." Jadi mending take it or leave it. Dan kalo udah ada orang ketiga semuanya bakal bias, ujung-ujungnya ngebanding-bandingin yang nggak apple-to-apple. Dan dibanding-bandingin itu rasanya ga enak banget. Bikin mental orang jadi makin down. Makin berantakan lah. Lingkaran setan jadinya. Dan elu setannya. Gitu lah pokoknya.

Ada lagi. Komunikasi itu penting, gue bukan dukun yang bisa baca pikiran (yang ini gue juga pernah bilang, haha maap). Komunikasi kan bukan cuman bahasa verbal, mbaknya. Diam, ngambek, ngeblok, passive-agressive, bahasa tubuh, itu semua juga termasuk komunikasi. Ga perlu jadi dukun, jadi antena aja biar pinter nangkep sinyal. Orang yang kalo marah diem dipaksain ngomong bakal keluar semua kata-kata pendahuluan dasar teori rumusan masalah macem skripsi, elu nya juga yang bakal engap sendiri, iya gak. Ada lagi yang bikin gue kesel. Toxic abcde sampe z. Jaman sekarang dikit-dikit toxic. Toxic people, toxic relationship, toxic positivity. Hih dia orangnya toxic banget. Toxic relationship itu, udahan aja. Yang toxic itu elu, yang dikit-dikit ngomong toxic. Seenak jidat ngasih label toxic bikin kesan musti dihindarin ato ditinggalin. Ya nggak gitu juga mainnya maliih. Perbaikin, bukan tinggalin. Gini nih kalo kebawa glorifikasi dari mental health. Iya bener, emang ada orang-orang yang musti kita hindari demi kesehatan mental kita sendiri (atau orang lain). Tapi ngelabelin orang toxic, cranky, needy, dll gegara kelakuan lu sendiri itu hal yang beda banget. Karena bisa aja orang yang stabil malah jadi insecure gara-gara sebenernya elu nya yang insecure tapi gak nyadar.

Nggak cuma sesama temen, tapi di media-media juga. 10 Tanda Bahwa Kamu adalah abcdeCiri-Ciri Orang yang abcde, quotes-quotes motivasi di instagram, bahkan video-video di youtube yang kelihatannya scientific pun banyak banget yang misleading. Di portal berita juga sama. Menurut penelitian, orang yang bla bla. Bentar deh, ini penelitian yang mana, tahun berapa, penulisnya siapa, intensinya meneliti apa, noveltynya apa aja, mahzabnya kemana. Karena nyimpulin hasil penelitian tuh gak sesimpel itu. Musti liat perspektif luasnya, referensinya, penelitian-penelitian lain yang disupport atau dibantah, dll. Jangan sampe kata-kata yang kedengarannya scientific padahal menggeneralisasi substansi dipakai orang sebagai patokan buat ngambil kesimpulan.

Gitu deh jaman sekarang banyak stereotype yang sebenernya kita nggak ngerti tapi kita telan mentah-mentah dan dipake buat nge-judge orang. Bahkan kata "nge-judge" pun masih banyak yang sebenernya salah nangkep. Dikit-dikit bilang ah elu ngejudge, jangan nge-judge dong. Mas mbak tolong bedain ya antara opini, keluhan, dan justifikasi. Kalo opini itu pemahaman kita yang masih butuh konfirmasi. Kalo keluhan itu spesifik nunjukin masalahnya dimana. Kalo ngejudge itu....apa ya. Ngasih label ke orang kali ya. Menyimpulkan tanpa tanggungjawab. Apa lah itu. Antara hasty generalization atau false dichotomy lah intinya. Iya nggak sih. Hasty generalization itu apa? Menggeneralisasi seenak jidat, itu salah satu logical fallacy. Kalo false dichotomy? Kalo lu enggak A berarti lu orangnya B. Seolah-olah pilihan cuman ada A dan B. Emang logical fallacy apaan sih? Kesalahan berlogika pas membangun argumen atau menyimpulkan sesuatu. Nanya mulu. Ada banyak macem logical fallacy, seperti slippery slope, ad hominem, circular reasoning, apa lagi entah. Ada belasan kalo ga salah. Dan ini sebenernya penting banget buat komunikasi dan cara kita mengambil keputusan. Jadi nggak salah nangkep atau salah menyimpulkan respon dari lawan bicara. Makanya sebelum curhat lu pastiin dulu lu curhat sama orang yang tepat biar gak malah jadi sesat. Iya, kadang kita cuman perlu didengerin ditemenin buat naikin self-esteem dan confidence kita. Tapi kalo self-esteem lu baik-baik aja trus curhat-curhat tai kucing minta ditemenin itu elu nya playing victim ke orang lain. Nah kan gue nyinyir. Dan sebaliknya, kalo kamu dengerin cerita yang ngejelekin orang lain trus setuju gitu aja tanpa kroscek dulu atau aware sama logical fallacy, bisa jadi kamu mengkonfirmasi hal yang bukan kapasitas kamu. Dan itu judgemental. Atau emang punya niat lain. Sama jahatnya. Dan klo orang yang dijelek-jelekin tau kalo diomongin, bakal ngerasa dipojokin sama semua orang sementara dia cuman sendiri. Ngerasa gak adil, tersudut, tapi ga bisa apa-apa karena kalah jumlah. Jatohnya jadi bullying nggak sih. Dan itu ga enak banget, bikin self-esteem lu terjun bebas.

Ah omongan gue jadi nge-judge kemana-mana. Padahal tadinya cuman mau nulis tentang curhat-curhatan. Intinya pinter-pinter aja milih orang buat cerita, karena nggak semua orang bisa merespon dengan kapasitas yang tepat untuk spesifikasi masalah kamu tanpa bias atau intensi tertentu. Segala jenis bias, seperti cultural bias, gender, agama, pengalaman, perasaan kita, dan lain-lain. Kalo laki-laki mustinya abcde. Ini salah banget. Gegara lu tumbuh besar di lingkungan patriarki yang anak laki-laki harus gini perempuan harus gitu bukan berarti semua orang musti pake standar lu. Musti open minded pokoknya. Open minded itu yang kayak gimana? Jangan mulai, ntar panjang lagi 😡 yang pasti bukan sekedar agree to disagree, hidup hidup gue, atau gausah ngurusin hidup orang lain karena jatohnya malah apatis. Curhat yang paling bener tuh curhat sendiri di diary macem orang-orang jaman dulu karena cukup ngedetox ga perlu respon. Atau kalo butuh respon, di twitter pake akun anonim, bikin alter ego ava korea, trus curhat di menfess-menfess, haha. Rakyat twitter tu peradaban paling bijak emang, paling tanpa bias. Atau sambat di blog nyampah macem gue gini kali ya. Karena selain writing is the best healing, ngebuang keluhan-keluhan atau sekedar nyari distraksi, juga karena nyadar nggak nyadar kita dapet reward yaitu tambahan self-esteem. Nyelesaiin satu postingan itu udah termasuk accomplishing satu small achievement, yang percaya nggak percaya, nyelesaiin banyak small achievement kayak gini tuh ternyata lebih bikin bawah sadar kita bahagia daripada berhasil nyelesaiin satu long-term goal. Gitu sih menurut penelitian. Penelitian yang mana? Udah ah cape gue ngegas.
Wednesday, February 5, 2020
No comments :

Post a Comment