Site Meter
Versi Rapi
Saya Benci Para Jumper!





Pernah nonton film Jumper? Itu tuh, film tentang orang-orang yang bisa teleporting alias pindah-pindah ke tempat lain seenak jidat. Si orang itu tinggal merem sambil berpikir tentang suatu tempat, dan sim-salabim, dia teleporting ke tempat itu! Nggak begitu booming sih filmnya. Ceritanya unik, sayang produksinya nggak maksimal. Harusnya bisa dibikin lebih wah.


Mungkin nggak banyak yang tau, di dunia nyata juga ada jumper-jumper kaya gitu. Iya, yang suka lompat-lompat dari tempat satu ke tempat lain dalam sekejap. Secara virtual tapinya, lewat 4sq alias Foursquare :p Foursquare juga menggunakan istilah Jumper untuk menyebut orang-orang yang doyan check-in di suatu venue, padahal di dunia nyata orang itu nggak benar-benar berada sana. Biasanya para jumper melakukan itu demi mengejar badge atau mayorship. Badge itu item-item yang bisa kita unlock dengan syarat-syarat tertentu. Sementara mayorship adalah tanda bahwa kita adalah mayor di suatu venue, yang bisa didapat dari seringnya kita check-in di venue tersebut. Harusnya badge dan mayorship itu didapat dengan cara check-in ke venue tersebut ketika kita secara nyata berada di tempat itu, sehingga badge dan mayorship didapat dengan susah payah keliling dan waktu yang lumayan lama. Tapi para jumper ini melakukannya dalam beberapa menit tanpa keluar kamar. Bayangin aja mayorship yang udah susah-susah sampai di tangan, tiba-tiba dicolong oleh jumper dengan mudahnya.

Sayangnya sampai saat ini tidak ada larangan dari 4sq untuk para jumper, hanya sekedar himbauan untuk tidak jumping terlalu cepat dari satu venue ke venue lain, atau hanya membuat tips jika benar-benar sedang berada di venue itu, dan beberapa hal lain. Wajar juga sih. Siapa sih yang peduli pada badge-badge langka dan musiman di foursquare, kecuali para jumper ini.

Sebenernya nggak semua jumper menyebalkan. Banyak komunitas jumper dunia yang rada sopan. Biasanya mereka jumping untuk mengincar badge, bukan mayorship. Biasanya mereka mengusung frase “you got the mayorships, we got the badges” atau semacamnya, dan nggak menyerobot mayorship orang. Tapi ada juga jumper yang menyebalkan, check-in check-in sana sini tanpa pandang bulu, ngambil mayorship sebanyak-banyaknya. Yang model begini biasanya jumper amatiran yang nggak punya komunitas, atau newbie komunitas yang kalo dianalogikan dengan hacking istilahnya ngerasa udah jadi hacker hebat padahal cuman script kiddie tanpa skill. Yang begitu tuh yang menyebalkan, udah nggak terhitung berapa kali aja aku berebut mayorship venue dengan orang asing yang itu-itu aja.


Jadi nggak usah heran kalau tiba-tiba ada orang asing check-in dan jadi mayor di kamar kita. Itu bukan hantu, itu cuma jumper :D
Friday, January 14, 2011
Reactions:  ==>[ 0 reaction means 'awesome' ]
3 comments :
  1. udah, ganti maenan Koprol aja.. :D

    ReplyDelete
  2. wah malah disuruh salto kamu sama si parus, ckckckck :D

    ReplyDelete
  3. @adhipras
    nggak suka, koprol nggak murni jejaring sosial berbasis lokasi. masih banyak yang menyalahgunakan jadi mikro blogging :D

    @septo
    buset, emang film jet li..

    ReplyDelete

My Photo
Anywhere walker.
Small town minds.

Blog Archives