Versi Rapi
3 Hari Kemaren
Jogjaa~! Gw pulaaang!! Dengan selamat!! HAhaha..

Fyuhh,tiga hari di Malang kemaren benar-benar menyenangkan! Malang memang indah!!

Tiga hari di Malang? Sebenernya nggak juga. Bahkan aku sama sekali nggak bermalam di Malang, sebenernya! Hehe, aneh..

Yup, 3 malam aku habiskan di Batu, Tretes, en Kediri. Sama sekali nggak nginep di Malang. Hmm..

Begitu sampai di terminal Arjosari Malang, gw langsung cabut ke Batu. Tau kan, Batu? Kota kecil nan indah di atas kota Malang. Nginep di tempatnya Intan, sepupu baru gw. Bukan bener-bener sepupu sih, aslinya dy tuh anaknya sepupunya nyokap. Hehe, sepupu baru, secara gw lum pernah kenal dy selama ini. Dy cuman 5 tahun dibawah gw, SMA, jadi bisa langsung akrab. Fyuh, untung deh ada dia, klo engga, gw bisa jadi satu-satunya anak kecil di sana. Iyah, di rombongan cuman ada Ortu, om en tante, sama gw. Arigato2, sepupu, udah nemenin ^^

Hari pertama, biasa. kami habiskan waktu turun ke Malang. Yup, Malang, kota dimana kemacetan terasa begitu menyenangkan. Tau sendiri lah, gimana macetnya Malang. Jalanan kota Malang yang kecil-kecil itu memang udah nggak cukup lagi menampung mobil-mobil en motor-motor para pendatang. Apalagi musim-musim liburan begini. Macet minta ampun! Panas, pula. Aneh, Malang bisa sepanas itu. Di Malang, sekedar jala-jalan ke tempat-tempat biasa, Selecta, Sengkaling, Jatim Park, en belanja di pusat kota Malang. Nggak ada yang spesial. Nggak ada yang baru, kecuali jalan-jalan di Singosari, daerah pusatnya candi-candi di Malang. Di Singosari banyak arca-nya, peninggalan-peninggalan kerajaan Singosari. Patung-patung gede itu berbaur dengan desa en rumah-rumah penduduk. Baguuus, jadi serasa jalan-jalan di kota tua begitu, dimana-mana ada arca en stupa, gede-gede pula. Hmm, lumayan menyenangkan. Trus malemnya kami karaokean sampe malem di 'Joglo Dau', rumah makan plus galeri gitu, di atas kota Batu. Menyenangkaan, karokean sampe malem, sampe galerinya tutup!! Hahaha

Hari kedua, pagi-pagi cabut dari Malang, menuju Gunung Kawi. Standar juga, sekedar melihat-lihat pemandangan makam di atas gunung, macem Imogiri gitu deh klo di Jogja. Pemandangannya jelek, biasa. Nggak seru sama sekali. Nggak ada hal spesial yang bisa diceritakan di situ. Dari gunung kawi, rencana sih langsung ke Sidoarjo. Tapi berhubung hari sudah sore, rencana berubah seketika. Kami putuskan untuk bermalam di Tretes saja, sekitar 15km melenceng dari jalan utama Surabaya-Malang. Wuih, nggak salah pilih tempat kami, malam di Tretes benar-benar menyenangkan! Ini baru liburan, namanya!! ^^ Tretes tuh daerah pegunungan macem Tawangmangu, letaknya diantara Surabaya-Malang. PEmandangannya indah. Apalagi, malam itu pas malam tahun baru! Tahun baru Hijriyah. Waw, ramenya nggak kalah sama perayaan tahun baru masehi! Ada acara-acara, kembang api di sana-sini! Dilatari dengan pemandangan pegunungan di malam hari, dengan lampu-lampu kota di bawah gunung. Kerenn!! Suasana malam tahun barunya bener-bener kerasa!!

Ini nih, klimaksnya liburan weekend kemaren. Gungung Kelud.
Hari ketiga, sempat cross country pagi-pagi, melintasi desa-desa di Tretes, cari-cari jalan di antara perkebunan dan gang-gang di pemukiman di antara tebing-tebing, sebelum akhirnya kami pergi meninggalkan tempat yang menyenangkan itu. Perjalanan kembali berubah arah, yang awalnya Sidoarjo di utara, kini berubah total jadi Kediri, di barat. Stay di rumah sepupu baru lain, hehe. Rencananya sih, begitu sampai di Kediri, gw langsung cari bus buat balik ke Jogja. Tapi tante yang disana malah nawarin buat jalan-jalan dulu ke Gunung Kelud. Hmm, akhirnya, jam 3 sore jadilah kami rame-rame pergi ke Gunung Kelud.

Wuuuiiih,, nggak nyesel deh, menunda kepulangan ke Jogja!! Bener-bener nggak nyesel!! Gunung Kelud tuh ternyata begitu indah!! Benar-benar bagus!! Kerenn pangkat 3 deh!!! Waaaww!!! Sekelas sama BRomo en Dieng!!! Pemandangan indahnya, matahari sorenya, bener-bener bikin kita lupa kalo disini masih di dunia!!
Hehehe, matahari sorenya itu lho!! Kelihatan besar banget, deket banget!! Jadi inget pemandangan di film pertamanya Riddick, Pitch Black. Mirip-mirip kaya di planet di film itu langitnya!! Indah banged deh pokoknya!! Sampai susah diucapkan dengan kata-kata!! Hehe..

Buat yang suka touring en jalan-jalan yang serem-serem, Gunung Kelud wajib didatangi!!! Memang, dibandingkan Bromo yang begitu surealis, dibandingkan Dieng yang begitu rapi, Gunung Kelud masih agak-agak kalah. Di puncaknya cuman ada sedikit tempat en objek yang bisa dilihat. Tapii, masalah pemandangan gunung, nggak ada tandingannya deh, gunung ini! Apa yang bisa ditemukan di Gunung Kelud adalah keindahan yang menakutkan!! Hehe.. Belum pernah gw pergi ke tempat yang seseram itu. Tebing dimana-mana, diantara 2 sisi jalan. Touring pake motor di tebing-tebing di Bromo masih nggak ada apa-apanya dibandingkan di sini. Bener2 serem deh pokoknya! Tapi, begitu sampai di puncak, ketakutan itu hilang, bener-bener hilang tergantikan oleh rasa takjub, terhipnotis oleh pesona keindahan di puncak. Puncak-puncak gunung yang menonjol yang biasanya kita lihat dari kejauhan saja, kini bener-bener di depan mata kita. Kawah-kawah, tanah-tanah berasap itu, bahkan kawah-kawah di dieng pun nggak bisa menandingi keindahan alaminya. Wuiiih,, hebat deh pokoknya!! Nggak pernah terbayangkan ada tempat seindah itu!!

Sayangnyaaaa, seperti kejadian-kejadian yang sudah sering terjadi sebelumnya, kameraku rusak, tepat 2 hari sebelum gw berangkat. Hiks,, nggak ada putu-putu, nggak ada momen-momen indah yang terekam kamera. Huh,, kayanya kameraku bener-bener dikutuk deh.

Nggak apa-apa. Lain kali, gw bertekad, gw akan balik lagi ke sana. Belum puas kemaren menjelajahi puncak gunung kelud. Kesorean sih. Belum sempat naik flying fox yang cuman 20rebu itu!! Belum sempat naik ke puncak pos pengamatan yang tingginya minta ampun itu. Belum sempat foto-foto matahari sore yang indah itu :)